Cara Mengendalikan Emosi

Cara mengendalikan emosi – Cara mengendalikan emosi adalah sikap menjaga diri agar tidak melampiaskan emosi kepada orang lain. Buruknya pengendalian emosi bisa berdampak buruk bagi orang lain maupun bagi diri sendiri. Jadi, alangkah baiknya kamu tahu cara agar bisa mengendalikan emosi agar tidak menimbulkan dampak buruk. Lalu, bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

Cara Mengendalikan Emosi Untuk Menjaga Diri

Ketika kamu emosi, kamu sedang dikuasai rasa negatif dan bisa saja secara tidak sadar mengeluarkan kata kata kasar. Namun mengendalikan emosi juga bukanlah hal yang mudah. Lalu, seperti apa cara mengendalikan diri dengan baik? Yuk simak ulasan berikut.

1. Ketika Marah, Tenangkan Diri

Ketika kamu sedang merasa marah sebaiknya kamu diam dan jangan berkata apapun. Cara mengendalikan amarah yaitu dengan tarik napas perlahan menggunakan hidung kemudian hembuskan melalui mulut ulangi sampai perasaan kamu menjadi tenang. Setidaknya cara ini bisa membantu merilekskan diri ketika sedang emosi agar tidak dilampiaskan kepada orang lain.

2. Jauhi Pikiran Negatif

Mendapat penolakan atau kritikan kadang membuat dirimu merasa marah atau kecewa. Untuk itu, jauhi pikiran negatif ketika ketika sedang merasa emosi. Cobalah untuk berpikir positif dan berlapang dada karena segala sesuatu pasti ada hikmahnya.

Ketika kamu memiliki masalah cobalah untuk keluar dari ruangan dan cari udara segar agar pikiran bisa kembali positif. Jika sudah tenang baru pikirkan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah.

3. Olahraga

Selain menyehatkan tubuh, dengan berolahraga akan membuat tubuh rileks, dapat menghilangkan stres dan membantu dalam mengendalikan emosi dalam tubuh. Lakukan olahraga kesukaanmu seperti bersepeda, berlari, berjalan dan lainnya. Cobalah untuk berolahraga secara rutin sehingga tubuh kamu lebih rileks.

Baca juga: Makanan sehat untuk mengatasi maag

4. Mendengarkan Musik

Musik bisa menjadi salah satu media yang baik untuk membantu kamu dalam cara mengendalikan emosi wanita atau pria. Coba pergi cari tempat yang tenang dan dengarkan musik kesukaan kamu. Hal ini akan membuat pikiran kamu yang sedang stres atau suntuk bisa teralihkan dan hati menjadi lebih tenang. Kamu juga bisa memainkan alat musik kesukaanmu agar bisa membuatmu tenang.

5. Hindari Melampiaskan Emosi Buruk

Ketika kamu merasa emosi baik marah, kecewa kamu pasti ingin melampiaskannya dengan berteriak, menangis bahkan menghancurkan benda si sekitar kamu. Hindari melampiaskan emosi yang buruk karena ketika emosi kamu sedang tidak sadar dan bisa saja kamu melukai orang lain. Sebaiknya lakukan relaksasi seperti menarik napas dan mengeluarkannya secara perlahan.

6. Berhitung

Berhitung bisa menjadi salah satu cara mengendalikan diri ketika emosi. Terdengar aneh namun bisa kamu coba ketika marah. Ketika kamu merasa marah coba hitung satu sampai sepuluh sampai dirimu tenang. Kamu juga bisa menghitung sampai lima puluh jika rasa marah tak kunjung hilang.

Selain itu, kamu juga bisa mengulangi kata kata yang dapat membuatmu tenang seperti “ayo tenang semua akan baik baik aja.”

7. Berwudhu dan Membaca Taawudz

Buat kamu yang merupakan umat islam bisa mengucapkan taawudz dan mengambil air wudhu ketika emosi. Sebab dengan dengan berwudhu dapat mengusir rasa marah dan membuat hati menjadi lebih tenang.

Itulah beberapa cara mengendalikan emosi yang bisa kamu lakukan. Jauhkan diri dari meluapkan emosi negatif dan selalu berpikir positif karena segala sesuatu pasti ada hikmahnya. Lakukan hal yang menyenangkan agar pikiran bisa teralihkan atau kamu juga bisa melakukan konseling jika dirasa kamu memiliki pengendalian emosi yang buruk.