Cara Mencuci Tangan Yang Benar

Cara Mencuci Tangan Yang Benar –┬áMenurut WHO, salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dari bahaya virus Corona adalah mencuci tangan. Untuk itu, masyarakat diminta membiasakan diri dan mencuci tangan dengan baik dan benar. Lantas, bagaimana mencuci tangan yang benar sesuai dengan anjuran WHO?

Yuk, scroll informasi dibawah ini untuk mengetahuinya!

Manfaat dan cara mencuci tangan yang benar

Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun dapat membunuh virus dengan ampuh. Mencuci tangan dapat membuat Anda tetap sehat. Selain itu, manfaat mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah Anda dari paparan infeksi pernafasan dan diare dari orang lain.

Menurut WHO (World Health Organization) ada tujuh langkah mencuci tangan untuk membunuh kuman, virus dan penyakit mematikan. Cara ini cukup efektif jika Anda melakukannya dengan baik dan benar.

Dan berikut cara mencuci tangan menurut Daftar Sbobet Terpercaya:

  1. Basahi tangan Anda dengan air mengalir, pastikan seluruh tangan Anda basah terkena air. Lalu, beri sabun pada tangan Anda.
  2. Selanjutnya, telungkupkan kedua telapak tangan Anda dan gosokkan sabun yang Anda tuangkan.
  3. Gosokkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin. Setelah itu, ulangi untuk bagian sebaliknya.
  4. Setelah itu, letakkan telapak tangan kiri ke telapak tangan kanan dengan jari saling terikat.
  5. Lalu, posisikan tangan kanan dan kiri saling menggenggam. Tautkan jari-jari Anda agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari.
  6. Gosok ibu jari kanan dengan tangan kiri dan lakukan sebaliknya pada jari kiri.
  7. Gosok telapak tangan kanan dengan jari-jari tangan kiri yang menungkup dan lakukan hal sebaliknya. Lalu keringkan tangan dengan handuk atau tissue bersih.

Berapa lama waktu mencuci tangan?

Waktu yang dibutuhkan untuk mencuci tangan minimal 20 detik, akan tetapi untuk membunuh kuman secara efektif sebaiknya Anda mencuci tangan hingga 60 detik.

Selain itu, gunakan sabun yang benar-benar mengandung bahan untuk menghilangkan kuman yang tidak bahaya. Anda bisa menggunakan beberapa jenis sabun cuci tangan seperti sabun mandi, sabun busa, sabun antiseptik, atau pun sabun cair.

Namun, sabun antibakteri atau antiseptik cenderung lebih efektif karena sabun antibakteri dapat membunuh kuman dengan baik.

Kapan saja Anda harus mencuci tangan

Seperti yang Anda ketahui kuman atau virus mudah menghinggap pada tangan Anda. Untuk itu Anda perlu mengetahui kapan harus mencuci tangan agar terhindar dari virus dan penyakit.

Berikut adalah waktu-waktu yang pas kapan Anda harus mencuci tangan:

  1. Sebelum mengkonsumsi makanan dan minuman.
  2. Sebelum, selama, serta setelah menyiapkan makanan.
  3. Setelah BAB/BAK atau menggunakan toilet.
  4. Setelah bersin atau batuk. Anda wajib mencuci tangan jika bersin atau batuk karena virus dan kuman yang keluar sangat banyak.
  5. Setelah menyentuh sampah.
  6. Setelah menyentuh benda atau permukaan yang terkontaminasi.
  7. Sebelum dan setelah merawat orang yang sedang sakit.
  8. Sebelum dan sesudah merawat luka.
  9. Setelah mengganti popok atau membersihkan buah hari Anda sehabis menggunakan toilet.
  10. Setelah menyentuh atau membersihkan kotoran hewan.

Bila Anda tidak didapati air mengalir atau sabun untuk mencuci tangan. Anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk membunuh kuman.

Pastikan kandungan alkohol pada hand sanitizer minimal 70% untuk mematikan kuman pada tangan. Bila tidak ada hand sanitizer, Anda juga bisa menggunakan tissue basah.

Pastikan tangan Anda agar selalu tetap bersih untuk terhindar berbagai macam penyakit berbahaya seperti corona. Semoga informasi mengenai cara mencuci tangan yang benar dapat membantu Anda.