5 Makanan Sehat Untuk Mengatasi Maag Yang Sering Kambuh

Banyak orang yang salah menilai bahwa maag adalah penyakit, padahal maag adalah gejala dari penyakit. Maag atau dispepsia merupakan rasa sakit yang terjadi di lambung. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya maag, seperti kecemasan, depresi, infeksi dari bakteri Helicobacter Pylori, kelebihan berat badan, terlalu banyak makan, efek samping obat anti inflamasi nonsteroid, makan terlalu cepat, mengonsumsi makanan berminyak, mengonsumsi makanan berlemak, mengonsumsi makanan pedas, sering mengonsumsi kafein, sering mengonsumsi soda, dan mengonsumsi cokelat berlebihan.

Selain itu, ada banyak gejala penyakit maag seperti, sering kembung, mual, cepat merasa kenyang, sering bersendawa, perut bagian atas terasa panas, sakit pada ulu hati, sakit di tengah dada, dan lainnya.

Untuk mencegah penyakit maag ada banyak cara, seperti menjaga porsi makan, menghindari makanan yang asam, tidak stres, berolahraga, tidak mengonsumsi alkohol, dan memakan makanan bergizi. Untuk jenis makanan yang sehat untuk penderita maag ada banyak yang harus diperhatikan, karena nutrisi yang dibutuhkan untuk penyakit maag beda dengan orang sehat. Untuk itu berikut makanan untuk penderita maag yang wajib dikonsumsi.

Makanan Sehat Untuk Mengatasi Maag

Memilih makanan yang tepat adalah salah satu cara untuk mengatasi maag yang kambuh, karena jika salah memilih makanan yang ada penyakit maag tersebut akan tambah parah. Walaupun dengan meminum obat maag, rasa sakitnya bisa hilang namun kamu tetap harus menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh kamu agar maag tidak sering kambuh.

  1. Oatmeal

Penderita maag dianjurkan untuk memakan makanan yang mengandung serat. Oatmeal merupakan makanan yang berbahan dasar gandum yang mengandung serat dan karbohidrat yang tinggi. Kandungan lainnya yang bermanfaat untuk tubuh adalah vitamin B, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, tembaga, zinc, dan folat. Oatmeal berfungsi untuk menjaga kadar asam di lambung, karena maag disebabkan oleh kadar asam yang berlebih pada lambung.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan mengonsumsi otameal yang menggunakan krim. Kamu bisa mengganti krim dengan susu almond atau susu yang rendah lemak agar lebih sehat. Selain untuk mengatasi maag, oatmeal juga bisa mengatasi sembelit, membuat lebih kenyang, dan memperlancar pencernaan.

  1. Melon

Melon merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi untuk tubuh manusia, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, vitamin B, vitamin C, dan kalium. Buah melon sangat bagus untuk penderita maag karena mengandung kandungan basa seperti magnesium yang tinggi untuk menetralkan asam pada tubuh.

  1. Pepaya

Selain buah melon, pepaya juga bisa untuk mengatasi maag. Buah pepaya terkenal dengan buah yang ampuh untuk memperlancar sistem pencernaan. Pepaya mengandung enzim papain yang dihasilkan getah buah pepaya yang bisa mempermudah proses pemecahan protein agar mudah diserap oleh tubuh.

  1. Pisang

Dalam satu buah pisang terdapat kalori energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Buah pisang mengandung asam yang rendah dan serat yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan, selain itu tekstur lembut dari pisang juga mampu meredakan nyeri di kerongkongan.

  1. Susu Rendah Lemak dan Susu Almond

Minuman yang cocok untuk mendampingi makanan sehat untuk mengatasi maag diatas adalah susu rendah lemak dan susu almond. Susu rendah lemak digunakan untuk mengganti susu biasa, karena susu putih biasa mengandung lemak yang tinggi yang bisa memicu kenaikan asam lambung. Sedangkan susu rendah lemak tidak memiliki lemak yang tinggi namun tetap membantu memperlancar sistem pencernaan.

Sumber: IDN Poker